Pembiayaan Kesehatan
Pembiayaan Kesehatan
Oleh: AsianBrain.com
Content Team
Salah satu
dari subsistem yang cukup
fundamental dari Sistem
Kesehatan Nasional (SKN) adalah pembiayaan kesehatan.
Ketiadaan atau tidak optimalnya
pembiayaan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dan program lainnya,
merupakan salah satu penyebab utama tidak tercapainya tujuan pembangunan
kesehatan yang kita inginkan.
Betapa tidak, hampir semua aktivitas
dalam pembangunan tak dapat dipungkiri, membutuhkan dana dan biaya.
Beberapa faktor penting dalam pembiayaan
kesehatan yang mesti diperhatikan antara lain :
- Kuantitas anggaran pembangunan kesehatan yang disediakan pemerintah maupun sumbangan sektor swasta.
- Tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan (fungsionalisasi) dari anggaran yang ada.
Pembiayaan
kesehatan yang
kuat, stabil
dan berkesinambungan memegang peranan yang amat vital untuk
penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam rangka mencapai berbagai
tujuan penting dari pembangunan kesehatan di suatu negara diantaranya
adalah pemerataan pelayanan kesehatan dan akses dan pelayanan yang
berkualitas.
Oleh karena
itu, reformasi kebijakan
kesehatan di suatu negara seyogyanya memberikan fokus penting kepada
kebijakan pembiayaan kesehatan untuk menjamin terselenggaranya
kecukupan, pemerataan, efisiensi dan efektifitas.
Perencanaan dan pengaturan pembiayaan
kesehatan yang memadai akan menolong pemerintah di suatu negara untuk
dapat memobilisasi sumber-sumber pembiayaan, mengalokasikannya secara
rasional serta menggunakannya secara efisien dan efektif.
Kebijakan pembiayaan kesehatan yang
mengutamakan pemerataan serta berpihak kepada masyarakat miskin akan
mendorong tercapainya akses yang universal. Pada aspek yang lebih luas
diyakini bahwa pembiayaan dalam bidang ini mempunyai kontribusi pada
perkembangan sosial dan ekonomi.
Pelayanan kesehatan itu sendiri pada
akhir-akhir ini menjadi amat mahal baik pada negara maju maupun pada
negara berkembang. Penggunaan yang berlebihan dari pelayanan kesehatan
dengan teknologi
tinggi adalah salah satu penyebab utamanya. Penyebab yang lain adalah
dominasi pembiayaan pelayanan kesehatan dengan mekanisme pembayaran
tunai dan lemahnya kemampuan dalam penatalaksanaan sumber-sumber dan
pelayanan itu sendiri.
WHO
memberi fokus strategi pembiayaan
kesehatan yang memuat isu-isu pokok, tantangan, tujuan utama kebijakan
dan program aksi itu pada umumnya adalah dalam area sebagai berikut:
- Meningkatkan investasi dan pembelanjaan publik dalam bidang kesehatan,
- Mengupayakan pencapaian kepesertaan semesta dan penguatan permeliharaan kesehatan masyarakat miskin,
- Pengembangan skema pembiayaan praupaya termasuk didalamnya asuransi kesehatan sosial,
- Penggalian dukungan nasional dan internasional, Penguatan kerangka regulasi dan intervensi fungsional,
- Pengembangan kebijakan yang didasarkan pada data dan fakta ilmiah,
- Pemantauan dan evaluasi.
Implementasi
strategi
pembiayaan
kesehatan di suatu negara diarahkan kepada beberapa hal pokok yakni;
kesinambungan pembiayaan program kesehatan prioritas, reduksi pembiayaan
secara tunai perorangan, menghilangkan hambatan biaya untuk mendapatkan
pelayanan kesehatan, pemerataan dalam akses pelayanan, peningkatan
efisiensi dan efektifitas alokasi sumber daya serta kualitas pelayanan
yang memadai dan dapat diterima pengguna jasa.
Rencana strategik Depkes 2005-2009
disebutkan bahwa meningkatkan pembiayaan kesehatan merupakan salah satu
dari empat strategi utama departemen kesehatan disamping menggerakkan
dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan akses
masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas serta
meningkatkan sistem surveilans, monitoring dan informasi
kesehatan.
Sasaran
dari strategi utama meningkatkan
pembiayaan kesehatan itu adalah;
- Pembangunan kesehatan mendapatkan penganggaran yang memadai oleh pemerintah pusat dan daerah,
- Anggaran kesehatan pemerintah lebih diutamakan untuk pencegahan dan promosi kesehatan dan
- Terciptanya sistem jaminan pembiayaan dalam sektor ini, terutama bagi masyarakat miskin.
Tentang Penulis:
AsianBrain.com Content
Team. Asian Brain adalah
pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia.
Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing
Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com